• SD NEGERI CIOMAS 02
  • Cerdas - Berkarakter - Terampil - Beriman

Macam-Macam Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru di Indonesia

Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 harus disiapkan secara matang agar materi tersampaikan dengan baik. Seorang guru harus membaca situasi dengan seksama karena tidak semua anak cocok dengan cara penyampaian materi tertentu.

Berikut berbagai macam model pembelajaran inovatif yang bisa dicoba para guru di tanah air.

1. Kontekstual

Metode ini bisa diterapkan agar para peserta didik tidak merasa bosan dengan mendengarkan materi saja. Tenaga pengajar bisa mengontrol suasana di kelas dengan melakukan tanya jawab secara kontekstual.

Artinya, pertanyaan dan jawaban yang dilontarkan berdasarkan kebutuhan dan apa yang dirasakan para siswa. Metode pembelajaran seperti ini akan memotivasi peserta didik untuk aktif bertanya. Pelajaran yang disampaikan sesuai konteks tentunya akan mempermudah guru maupun siswa.

Peserta didik tidak hanya fokus terhadap teori-teori yang diberikan guru. Melainkan juga dengan praktek dan pengalaman langsung sehingga pelajaran lebih mudah diserap. Berbeda jika hanya belajar teori yang cenderung dihafal, bukan dipahami secara penuh.

2. Teknik Saintifik

Teknik saintifik ini kerap kali disebut model pembelajaran inovatif dan kreatif  yang relevan diterapkan di era saat ini. Pelaksanaannya mengedepankan norma-norma ilmu pengetahuan. Langkah pertama yang diambil adalah mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan terlebih dahulu.

Setelah itu, pelajaran dilanjutkan dengan proses penelitian atau percobaan yang dilakukan secara seksama. Hasil percobaan tersebut lalu dikelola sedemikian rupa sampai menemukan beberapa informasi.

Lalu, dari mana peserta didik dapat belajar? Penelitian pada akhirnya akan menciptakan kesimpulan berdasarkan data yang dikumpulkan. Komunikasi sangat dibutuhkan agar hasil riset bisa dipahami dan dijadikan pelajaran yang bermanfaat.

3. Penyampaian Materi Berbasis Masalah

Agar penyampaian materi tidak bertele-tele, maka pembelajaran berbasis masalah bisa diterapkan. Tak jarang metode ini bisa membuat para peserta didik lebih fokus terhadap apa yang harus mereka pelajari saat ini.

Jadi, seorang guru bisa menjelaskan suatu materi berdasarkan masalah yang terlihat. Setelah itu, mengajak para peserta didik untuk berpartisipasi mengatasi masalah tersebut.

4. Realistik

Macam-macam model pembelajaran inovatif selanjutnya adalah realistik. Tokoh dibalik berkembangnya model pembelajaran seperti ini adalah Sigmund Freud. Guru menyampaikan pelajaran sekaligus melakukan interaksi sosial dalam kelompok.

Para murid pun akan saling berbagi pengetahuan dalam  kelompok tersebut. Cara seperti ini dianggap efektif agar peserta didik mudah memahami materi yang dibahas. Model pembelajaran inovatif dan efektif memang dibutuhkan setiap sekolah agar proses belajar mengajar tidak monoton.

5. PAIKEM

Meskipun masa keemasan model pembelajaran ini di tahun 1990-an, namun ternyata masih mungkin diterapkan. Peserta didik akan dipacu untuk lebih aktif, inovatif, dan gembira dalam menjalani kegiatan belajar.

6. Problem Solving

Sesuai dengan namanya, model pembelajaran inovatif abad 21 ini dilakukan dengan mencari solusi dari masalah. Guru akan menjelaskan suatu permasalahan dan mendiskusikannya dengan murid. Setelah itu, akan didapat jawaban dan solusi yang menjadi pengetahuan baru.

Sekilas, model problem solving sama seperti pembelajaran berbasis masalah. Padahal, keduanya memiliki perbedaan mendasar terutama pada fokus yang dibahas. Problem solving berfokus terhadap masalah, sedangkan yang satunya menitikberatkan pada penyelesaian masalah yang terjadi.

7. Discovery Learning

Macam-macam model pembelajaran inovatif yang bisa dicoba guru adalah discovery learning. Teknik ini mengajarkan para siswa untuk belajar secara aktif berdasarkan pengalaman. Setelah iitu, guru meresponnya dengan ide yang berhubungan dengan materi yang dikaji.

Macam macam metode pembelajaran kreatif seperti discovery learning bisa menuntun proses pembelajaran yang disukai murid. Cara menuntun peserta didik bisa dilakukan langsung di kelas, atau melalui aplikasi e-learning yang bisa diakses oleh siswa meskipun mereka sudah di rumah. Sehingga dengan e-learning, proses pembimbingan bisa terus berjalan selama mereka belajar mandiri.

Kini sekolah bisa menerapkan e-learning sebagai salah satu cara menerapkan model pembelajaran inovatif dengan aplikasi e-learning dari MySCH.id. Untuk mendapatkan aplikasinya silahkan klik banner di bawah ini.

 

8. Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif berkaitan dengan sifat dan karakter manusia sebagai makhluk sosial. Dengan demikian, proses pembelajaran tidak dilakukan secara individual. Melainkan berkelompok mengingat sifat dasar manusia yang membutuhkan satu sama lain.

Komentari Tulisan Ini
piala88 cendana777 elangwon elangwin slot thailand